Resensi Buku Rangkaian Listrik


   Judul                           : Rangkaian Listrik
Pengarang                   : Mohamad Ramdhani, S.T., M.T.
Editor                          : 1. Gugi Sagara, S.T.
                                      2. Lemeda Simarmata, S.T.
Penerbit                       : Erlangga
Tahun terbit                 : 2008
Edisi                            : Pertama
Dicetak                        : PT Gelora Aksara Pratama
Setting                         : Tim Setting Perti
Jumlah halaman           : 408 halaman




Buku Ini terbagi menjadi 14 BAB. Secara berurutan buku ini akan menbahas pertama tentang konsep dasar elektronika hingga rangkaian tiga-fasa. Pembahasan dalam masing-masing BAB adalah sebagai berikut:
Bab 01 Konsep-konsep Dasar
Bab 02 Hukum-hukum Dasar
Bab 03 Elemen-elemen Rangkaian Listrik
Bab 04 Metode-metode Analisis Rangkaian
Bab 05 Teorema Rangkaian
Bab 06 Respons Alami dan Respons Steady State
Bab 07 Konsep Fasor dan Penerapannya dalam Rangkaian
Bab 08 Analisis Rangkaian AC
Bab 09 Daya pada Rangkaian RLC
Bab 10 Frekuensi Kompleks dan Fungsi Transfer
Bab 11 Respons Frekuensi dan Resonansi
Bab 12 Kutub Empat
Bab 13 Rangkaian Kopling Magnetik
Bab 14 Rangkaian Tiga-Fasa

Buku ini adalah sebuah buku yang ditulis oleh Mohamad Ramdhani, S.T., M.T. beliau adalah seorang dosen pada INstitut Teknologi Telkom, bandung. Selain mengajar beliau adalah kepala Laboratoria sistem elektronika membawahi 6 laboratorium di IT-Telkom. Pengalaman penulis baik secara teoretis sebagai dosen dan secara praktis sebagai pengelola laboratorium telah beliau tuangkan dalam buku Rangkaian Listrik.
Buku ini mengawalinya dengan pengantar pengenai pentingnya rangkaian listrik yang merupakan basis bagi berbagai ilmu-ilmu seperti elektronika, sistem daya, sistem computer, mesin, dan teori control.  Dalam pembahasan pada bab yang pertama disinggung definisi rangkaian listrik serta elemen listrik yang dijabarkan ke dalam sumber tegangan, sumber arus, resistor, inductor, capasitor, transistor IC serta analisa rangkaian yang di pelajari dalam jurusan teknik elektro dan elektronika. Pada bab 2 membahasa hukum-hukum dasar elektronika seperti hokum ohm, kirchof 1 dan kirchof 2, hubungan seri dan pembagi tegangan, hubungan parallel dan pembagi tegangan, serta. Pada bab ini dijelaskan secara singkat namun jelas, disertai gambar gambar yang memudahkan pemahaman mahasiswa mengenai hokum dasar elektronika. Pada bab 3 menjelaskan mengenai elemen rangkaian listrik yang terdiri dari elemen aktif dan pasif seperti resistor kapasitor inductor disertai symbol, gambar rangkaian, serta rumus yang biasa digunakan. Metode analisis node sumber bebas dijelaskan pada bab 4 secara rinci seperti node sumber bebas, sumber tak bebas, arus loop sumber bebas , dsb. Untuk bab 5  hingga 15 menjelaskan rangkaian dan penerapan rangaian tiap bab selalu disertai soal latihan, serta contoh soal
Buku ini yang dirancang sebagai buku teks juga dapat berperan sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa elektro/elektronika, buku ini juga dapat digunakan sebagai pendamping persiapan ujian yang memadai karena dilengkapi dengan 439 soal-soal beserta penyelesaiannya, buku ini menjadi buku ajar yang kredibel bagi kalangan akademik Teknik Elektro di Indonesia.
Buku ini juga memberikan penjelasan yang singkat dan tidak berbelit-belit. Buku ini juga memberikan gambar-gambar yang bisa mempermudah pembaca dalam memahami konsep yang diberikan. Didalamnya juga berisi contoh soal dan juga latihan soal untuk melatih pemahaman materi yang telah kita dapatkan. Saat kita belajar menggunakan buku ini, pembacaakan memahami konsep dasar tentang rangkaian listrik.
Sistematika buku dirancang sedemikian rupa agar mudah dipahami. Pembahasan teori dijabarkan secara efisien sehingga mudah dimengerti. Penurunan rumus dijabarkan secara mendetil, sehingga penyelesaian soal tidak mutlak diawali dengan menghafal rumus-rumus karena rumus-rumusnya dapat ditelusuri dengan mudah. Soal-soal latihan memastikan agar pembahasan teori dan rumus dapat dengan segera diterapkan. Sedangkan soal-soal pada akhir bab membantu mengasah kemampuan menghadapi variasi soal-soal yang luas. dengan buku ini, diharapkan pelajar mampu memahami konsep dasar dasar rangkaian listrik.

            

sumber :
http://library.uny.ac.id/sirkulasi/index.php?p=show_detail&id=30712&keywords=rangkaian+listrik

Komentar